Selasa, 20 November 2012

STIKES A. Yani



TAHUN 2005 SAMPAI DENGAN 2006
Dengan keyakinan dan kebulatan niat luhur tersebut diatas, Ketua Umum YKEP menerbitkan Surat tugas No : STG/095/YKEP/XII/2005, tanggal 29 Desember 2005, tentang Tim pendirian STIKES A. Yani Yogyakarta. Guna mempercepat proses penyelesaian administrasi dan kelengkapan ijin lainnya dalam pendirian STIKES A. Yani Yogyakarta, Ketua Umum YKEP juga menerbitkan Surat Tugas Ketua YKEP nomor :  STG/025/YKEP/IV/2005 tanggal  29 April 2005 tentang penugasan sebagai Kepala Cabang YKEP di Yogyakarta, yang sifatnya sementara. Tim pendirian STIKES A. Yani Yogyakarta, bekerja dengan semangat tinggi. Meskipun dibatasi jarak yang ajuh dari Jakarta, tahap demi tahap secara administratif dan fisik mulai dilaksanakan. Pada tanggal 15 Juni 2006 dengan diterbitkan SK Mendiknas No :084/DE/O/2006, 15 Juni 2006, dan Ijin Penyelenggaraan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia nomor : HK-03-241-02054 untuk rekomendasi penyelenggaraan Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan dan nomor : HK-03-241-02053 untuk penyelenggaraan.Program Studi D-III Kebidanan, maka ditetapkan bahwa tanggal 15 Juni sebagai hari lahir STIKES A. Yani Yogyakarta


TAHUN 2006 SAMPAI DENGAN 2007.
Peninjauan Lokasi Kampus STIKES A. Yani Yogyakarta baru di daerah Gamping, telah dimulai dan dievaluasi sejak tanggal  02 Oktober 2005 sampai dengan 25 Oktober 05. YKEP  telah memberikan amanah kepada Pimpinan PT. WARINGIN,  untuk menjadi pelaksana pembangunan  gedung Kampus STIKES A. Yani Yogyakarta. Kampus Gamping mulai dibangun pada Senin, 03 Juli 2006, pukul 09.00, setelah ditandai dengan acara Perletakan Batu Pertama Pembangunan Kampus STIKES A. Yani Yogyakarta, yang dilaksanakan oleh Ketua umum YKEP Bpk. Letjen (Purn) Darsono.  Pembangunan yang berskala besar dan dengan waktu terbatas, sangat memerlukan kecermatan perencanaan dan pelaksanaannya. Gedung kampus tersebut dapat diselesaikan tepat waktu yang dijadwalkan, pada hari Selasa, 04 Agustus 07.
PEMINDAHAN KAMPUS DARI NGAGLIK KE GAMPING
Secara bertahap sebenarnya pemindahan kampus STIKES A. Yani Yogyakarta telah dilaksanakan pada mulai  pada tanggal 1 Juli 2007, dimana Kampus STIKES A. Yani Yogyakarta yang baru sudah dipakai sebagai tempat pendaftaran mahasiswa baru tahun 2007/2008.  Berangsur-angsur mulai tanggal 1 Agustus 2007, pemindahan fisik mulai dilaksanakan. Dan pada tanggal 1 September 2007 STIKES A. Yani Yogyakarta, secara fisik dan resmi menggunakan alamat di kampus baru yang terletak di Jln. Ringroad Barat, Ambar Ketawang, Sleman, Yogyakarta 55294. Telp. (0274) 4342000,  Fax. (0274) 4342542


-----------------------------------------------------------------------------------------------

Visi, Misi dan Tujuan

Visi STIKES A. Yani Yogyakarta:
Pada tahun 2014, STIKES A.Yani Yogyakarta menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang kesehatan yang profesional dan mampu bersaing di era global. Lembaga pendidikan yang unggul dan Terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang kesehatan yang profesional diartikan bahwa setiap Program Studi yang ada di STIKES A. Yani Yogyakarta  mempunyai ciri khas yang menjadi keunggulan prodi tersebut dibandingkan dengan bidang ilmu yang sama pada institusi pendidikan kesehatan yang lain. Keunggulan ini dapat tercermin dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi (PT) yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian pada akhirnya dapat menjadikan STIKES A. Yani Yogyakarta sebagai institusi terdepan dalam bidang kesehatan. Mampu bersaing di era global diartikan bahwa Tridharma Perguruan Tinggi yang dihasilkan dari Program Studi dibawah naungan STIKES A. Yani Yogyakarta memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding PT lain yang sejenis sehingga output lulusan yang dihasilkan dapat berkompetisi di dunia kerja sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era global.
Misi STIKES A. Yani Yogyakarta:
  1. Menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang kesehatan secara profesional yang bermutu, inovatif, dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang mandiri, bermoral dan berbudaya.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian yang menunjang pengembangan ilmu kesehatan sesuai kebutuhan dan isu-isu strategis masyarakat global.
  3. Mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dan terprogram dalam bidang ilmu kesehatan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan terapan teknologi kesehatan tepat guna
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi yang profesional berlandaskan etika dan moral sesuai dengan kebutuhan masyarakat global.
  5. Menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  6. Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan berskala nasional dan internasional.
Tujuan STIKES A. Yani Yogyakarta adalah menghasilkan lulusan yang:
  1. Memiliki kemampuan akademik dengan integritas kepribadian yang tinggi dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperluas ilmu kesehatan secara profesional.
  2. Mampu melaksanakan penelitian dalam bidang keahliannya dan mampu mengimplementasikan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Mampu mengabdikan dan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang keilmuannya secara profesional kepada masyarakat.
  4. Siap bekerja di dalam dan luar negeri.


Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP)

Pendahuluan
YKEP senatiasa membawa kearah yang positif bagi kemajuan dan kesejahteraan anggotanya, melalui kerja, usaha dan karya nyata, yang disertai langkah tegas dan berani, berperan serta secara aktif dalam Pembangunan Bangsa dan Negara, termasuk kontribusi untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan pantang menyerah.Obsesi pendirian STIKES A. Yani Yogyakarta, adalah menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Kesehatan yang bertaraf internasional, dimana lulusannya mempunyai pasar global. Ciri-ciri global menurut pandangan Ketua Umum adalah Tidak Gagap Teknologi (wajib menguasai teknologi informatika), sanggup berkomunikasi global (wajib menguasai setidaknya bahasa Inggris), dan siap untuk pasar internasional (profesional dalam penerapan ilmu kesehatan).
 Falsafah Dasar
Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) didirikan oleh para Purnawirawan Angkatan Darat, bahwa hak hidup lembaga pendidikan tinggi di bawah YKEP berasal dari dan terdapat dalam pengabdian dirinya pada masyarakat, partisipasi aktif membangun generasi Indonesia termasuk di dalamnya putra-putri keluarga besar TNI Angkatan Darat yang kompeten, berpegang teguh pada nilai ketaqwaan, kejuangan dan kebangsaan Indonesia, serta peran serta aktif dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui penciptaan keunggulan-keunggulan, dimana hal ini dapat terwujud dengan perpegang teguh pada nilai dasar yang selalu mengedepankan kualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayaan kehidupan bangsa serta memelihara nilai-nilai patriotisme, kejuangan dan kebangsaan Indonesia. Dengan berdasarkan falsafah dasar diatas, diharapkan STIKES A. Yani Yogyakarta mempunyai Landasan kerja berdasarkan Ketaqwaan Ketuhanan, Jujur, Ikhlas, Profesional, dan berjiwa Wirausahawan dan mampu mewujudkan mempunyai Visi, Mencetak atau menghasilkan tenaga profesional yang dilandasi Ketuhanan dengan Pengabdian Kebangsaan, berjiwa Kewirausahawan, dengan tujuan ikut dalam pembangunan bangsa. Sedangkan misi yang ditetapkan adalah untuk mencetak tenaga profesional yang bertanggung jawab dan mengedepankan Kemanusiaan serta dalam menetapkan sasaran harus terukur, dalam arti kemungkinan besar dapat dilaksanakan dan berhasil dapat dipenuhi/tercapai.
STIKES A. Yani Yogyakarta dirancang sebagai lembaga pendidikan berwawasan internasional, yang berstandar tuntutan-tuntutan global. Yang dimaksudkan adalah mencetak tenaga medis profesional yang tidak gagap teknologi, dengan menguasai secara mahir teknologi informatika, memiliki kesanggupan berkmunikasi global, dengan bahasa internasional, diwajibkan menguasai bahasa Inggris, dengan hasil test TOEFL diatas rata-rata, dan siap untuk terjun dipasar Internasional.
Susunan Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi
Pengurus  YKEP
 Ketua Umum
Brigjen TNI (Pur) Djoko Daryatno,MSc
Sekretaris
Kolonel (Pur) Bambang Sudjarwo, SE., MM
Bendahara
Brigjen TNI (Pur) Sumartoyo
Ka. Bid. Kesejahteraan
Brigjen TNI (Pur) Sarining Setyo Utomo
Ka. Bid. Pendidikan
Brigjen TNI (Pur) Sukimin
Ka. Bid. Dana
Brigjen TNI (Pur) Soeparto Sukowati

Badan Pelaksana Harian (BPH) STIKES A. Yani Yogyakarta
Ketua
Kolonel (Pur) Bambang Sukotjo, SH, MM
Sekretaris
Kolonel (Pur) Drs.Rubiyanto, SH., S.Sos.,MM

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

YAYASAN KARTIKA EKA PAKSI

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN

JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA



Alamat : Jln. Ringroad Barat, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55294

Telp: (0274) 4342000, Fax: (0274) 4342542

Email : info@stikesayaniyk.ac.id,

Website : http://www.stikesayaniyk.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.