Selasa, 30 April 2013

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Kota Yogyakarta. Untuk pelaksanaan perkuliahannya dilaksanakan di lima kampus, yaitu Kampus 1, Kampus 2, Kampus 3, Kampus 4, dan kampus 5.

Kampus I berada di Jalan Kapas No. 9 Semaki untuk Fakultas Agama Islam (Program Studi Bahasa dan Sastra Arab S1; Tafsir Hadits S1), Fakultas Psikologi (Program Studi Psikologi S1; Psikologi S2), Fakultas Ekonomi (Program Studi Akutansi S1; Manajemen S1; Ekonomi Pembangunan S1) dan Manajemen Pendidikan S2) .

Kampus II bertempat di Jalan Pramuka No. 42 Sidikan untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Program Studi Bimbingan dan Konseling S1; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1; Pendidikan Bahasa Inggris S1; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1; Pendidkan Bahasa Inggris S2; Pendidikan Fisika S2), Fakultas Hukum (Program Studi Ilmu Hukum S1) dan Fakultas Sastra (Program Studi Sastra Indonesia S1; Sastra Inggris S1.

Kampus III terletak di Jalan Prof. Soepomo, Janturan untuk Fakultas Farmasi (Program Studi Farmasi S1; Farmasi S2), Fakultas Teknologi Industri (Program Studi Teknik Informatika S1; Teknik Industri S1; Teknik Kimia S1; Teknik Elektro S1), Fakultas Kesehatan Masyarakat (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat S1), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Program Studi Fisika S1; Matematika S1; Sistem Informasi S1; Biologi S1) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Program Studi Pendidikan Matematika S1; Pendidikan Fisika S1; Pendidikan Biologi S1) .

Kampus IV terletak di Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta. Sementara di kampus empat digunakan Pesantren KH Ahmad Dahlan (PERSADA) yang berkapasitas 300 mahasiswa. Nantinya akan dijadikan Gedung UAD dengan lahan di atas lahan ± 7 ha. Dalam rangka memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa.

Kampus V terletak di jalan Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1; dan Ilmu Komunikasi S1.

Kegiatan UAD dituangkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Organisasi UAD terdiri atas unsur pimpinan, senat universitas dan senat fakultas, unsur pelaksana, dan unsur kelengkapan universitas. Unsur pimpinan UAD adalah Rektor dan 3 (tiga) Wakil Rektor. Ketiga Wakil Rektor tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Konsolidasi dan Peningkatan Kualitas Akademik (Wakil Rektor I), Wakil Rektor Bidang Pengelolaan

Sumberdaya (Wakil Rektor II), dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni (Wakil Rektor III).

Untuk tugas pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melekat pada setiap unsur pimpinan yang dikoordinir oleh Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) sebagai lembaga penjamin pengembangan dan pembinaan keislaman di lingkungan UAD. Unsur pelaksana terdiri atas unsur akademik yang tersusun dari fakultas beserta program studi-program studi, dan unsur pelaksana administratif. Pengelolaan proses pendidikan dan pengajaran mencakup berbagai kegiatan mulai dari perencanaan program pendidikan, penyiapan mahasiswa masuk dalam program pendidikan, pelaksanaan pendidikan, pengajaran, pemantauan dan evaluasi proses belajar mengajar serta pengolahan datanya.

Pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini melibatkan berbagai unit dan unsur dalam sistem organisasi universitas dan seluruh sivitas akademika. Kelancaran penyelenggaraan tugas unsur atau unit yang satu berpengaruh pada kelancaran penyelenggaraan tugas unit atau unsur yang lain. Oleh karena itu, pembagian tugas, tanggung jawab dan kewenangan, penjadwalan tugas, tata kerja, dan lain-lain yang termasuk dalam system pengelolaan pendidikan dan pengajaran perlu dipahami, disepakati, dan dipatuhi bersama.

Guna mendukung kelancaran pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi kegiatan di UAD, maka perlu Universitas Ahmad Dahlan 3 disusun Buku Pedoman Akademik. Buku ini disusun sebagai salah satu informasi bagi seluruh sivitas akademika Universitas Ahmad Dahlan dan bagi masyarakat luas yang memerlukan.

Visi:
Visi UAD adalah menjadikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah berkelas Internasional berbasis pada nilai ke Islaman Misi:
Misi Universitas Ahmad Dahlan adalah :
  1. Menjalankan program – program akademik yang bermutu dan relevan dengan pembangunan berkelanjutan dalam suasana kampus Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada integrasi seluruh bidang keilmuan untuk pencapaian masyarakat Islam.
  3. Memberikan layanan kepakaran yang berorientasi pada keberdayaan dan kalaborasi potensi pemerintah, industri, masyarakat baik lokal maupun global.
Tujuan:
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah Universitas yang tujuan pendidikannya merupakan penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Tinggi serta didasarkanpada Al-Qur’an dan As-Sunnah.
 
a. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
 
b. Tujuan Pendidikan Tinggi
  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademikdan / atau profesional yang dapat menerapkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan , teknologi dan / atau kesenian.
  • Mengembangkan dan menyerbarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian secara mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
c. Tujuan Pendidikan UAD
  • Mendidik perserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik, profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar–benarnya;
  • Membuat peserta didik menjadi kader pemimpin yang berkepribadian Muhammadiyah;
  • Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
Tujuan Universitas secara khusus ditetapkan dengan pengembangan kelompok ilmu sejenis tersebut dalam pengembangannya berdasarkan aqidah Islam dan berdasarkan Pancasila.

Pola ilmiah Pokok Universitas adalah integritas Iptek-Seni, antisipasi layanan yang akademik, kepemimpinan Islam dan pengembangan ilmu menjadi Islam (Integrity of Science-Tehnology-Arts, dynamic service anticipation, leadership, and scientific development based on Islam).

Moto Universitas ini adalah Integritas Moral dan Intelektual (Moral and Intellectual Integrity).
sumber: http://uad.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar