Rabu, 16 September 2015

STKIP PGRI Ponorogo

Sejarah Singkat STKIP Ponorogo
STKIP Ponorogo pada awal berdirinya pada tanggal 17 mei 1976 adalah filial (cabang) dari IKIP PGRI Jawa Timur di Ponorogo. Pada tahun 1985 berdasarkan perubahan status di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta ( KOPERTIS) di Wilayah VII, maka IKIP PGRI Jawa Timur di Ponorogo berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP PGRI Ponorogo) yang berdiri sendiri. Dengan pasang surutnya dunia pendidikan di Kabupaten Ponorogo, STKIP PGRI Ponorogo pada saat ini memusatkan perhatian pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Paud dan Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2).

STAIN Ponorogo

Profil 
Berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri *STAIN) Ponorogo tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, karena STAIN Ponorogo tidak lain adalah perubahan status dari salah satu Fakultas di lingkungan IAIN Sunan Ampel, yaitu Fakultas Syari'ah IAIN Sunan Ampel di Ponorogo.

Selasa, 27 Januari 2015

Universitas Islam Indonesia

Pada tahun 1945, sidang umum Masjoemi (Majelis Sjoero Moeslimin Indonesia) dilaksanakan. Pertemuan itu dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka masa itu termasuk diantaranya Dr. Muhammad Hatta (Wakil Presiden Pertama Indonesia), Mohammad Natsir, Mohammad Roem, dan K.H. A. Wachid Hasyim. Salah satu keputusan dari pertemuan ini adalah pembentukan Sekolah Tinggi Islam (STI) oleh tokoh-tokoh terkemuka tersebut. STI kemudian didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 bertepatan dengan 27 Rajab 1364 H dan berkembang menjadi sebuah universitas yang disebut Universitas Islam Indonesia (UII) sejak tanggal 3 November 1947 untuk memenuhi permintaan akan sebuah pendidikan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaran Islam.

Jumat, 26 September 2014

Unit Kegiatan Mahasiswa UGM

Penyaluran hobi, minat dan bakat mahasiswa diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di Universitas Gadjah Mada tercatat 51 UKM, yang 47 di antaranya aktif, yakni 23 Unit Olahraga, 11 Unit Kesenian, 5 Unit Kerohanian, 6 Unit Khusus dan 2 Unit Penalaran. Daftar UKM adalah:
  1. Unit kegiatan olah raga: :Renang, Selam, Karate Inkai, Kempo, Karate Kala Hitam, Pencak Silat Merpati Putih, Pencak Silat Periasi Diri, Pencak Silat Pro Patria, Pencak Silat Setia Hati Teratai, Tae Kwon Do, Judo, Hockey, Sepak Bola, Soft Ball, Bola Voli, Bola Basket, Atletik, Berkuda, Bridge, Bulu tangkis, Catur, Tenis Lapangan, dan Tenis Meja.

Jumat, 18 Oktober 2013

Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO)


UNRIYO
dibawah naungan Yayasan Pendidikan Respati. Yapen Respati  (Pengabdian yang ngresepke ati) didirikan dengan haqul yaqin berdiri pada hari Kamis Kliwon tahun 1974 di Kramat Jati Jakarta Timur, didirikan oleh Prof. H. Widodo Suparno, dimulai dari tingkat dasar dan menengah (TK, SD, SMP , SMA, SMEA, SIM dan SMIP) Akademi Manajemen Respati (AMRI) pada tahun 19080 dan terus berkembang pada tahun 1986 berdirilah Universitas Respati Indonesia  (URINDO)  Jakarta,  dengan  program  Studi  Ekonomi,  Pertanian,  Teknologi Informasi, Manajemen  Informatika, Kesehatan MAsyarakat, Kebidanan D4 dan Keperawatan S1, Program Pasca Sarjana: M.Kes, M.MARS, MM, dan M.Si. Selanjutnya pada  tahun 2002 berdirilah Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan Respati Tasikmalaya. Satu tahun kemudian tahun 2003 berdirilah Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan Respati Yogyakarta dan Sekolah  Tinggi  Teknologi  Informasi Respati Yogyakarta.

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
berlokasi di wilayah kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di  Jalan Proklamasi No. 1 Babarsari, Yogyakarta

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Agustus 1964 oleh Yayasan Universitas Proklamasi 45 dengan akta pendirian no. 26  tahun 1965. Dalam perkembangannya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan-perubahan, terakhir dengan akte no. 49 tanggal 23 April 2014 di hadapan notaris Wahyu Wiryono, SH.

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mempunyai 5 (lima) fakultas dengan beberapa jurusan, yakni:

Universitas Gunung Kidul


Universitas Gunung Kidul (UGK
) berdiri pada tahun 2001 dengan izin operasional nomor 164/D/O/2001, diparakarsai oleh Prof. Dr. H. Koesnadi Harjosoemantri, SH.,LLM (mantan rektor Universitas Gadjah Mada) dan Drs. H. Yoetikno (mantan Bupati Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Berlandaskan pada Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945 serta berpedoaman pada Undang - Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi , serta Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 234/U/2000, Universitas Gunung Kidul mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenia serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf dan mutu kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional.

Akademi Teknologi Kulit - Yogyakarta



Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Rakyat Nomor. 489/TU tanggal 15 Januari 1959, Kursus C kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Kulit Tinggi (SKT), yang berkedudukan di Jl. Sukonandi No. 3 Yogyakarta, menjadi satu dengan Balai Penelitian Kulit.
Ijasah Sekolah Kulit Tinggi setingkat dengan Ijasah Akademik, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Rakyat No. 193 /PMR/64 tanggal 22 April 1964.
Pada tahun 1954 Departemen Perindustrian menyelenggarakan Kursus Perkulitan yang di sebut Kursus C, merupakan Kursus Lanjut setingkat Akademi. Tujuan Pendidikan/Kursus ini semula hanya untuk memenuhi tenaga teknis dalam menunjang kegiatan Balai Penelitian Kulit, disamping untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis Industri Perkulitan di bawah pengelolaan Pemerintah dan Swasta yang dikoordinir oleh Pemerintah sebagai sarana penyuluhan.

Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO)



Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) merupakan sekolah vokasi di bidang komunikasi yang berdiri pada tahun 1994. Program pendidikan yang diselenggarakan berbasis ilmu komunikasi terapan, yang bertujuan mendidik tenaga-tenaga professional ahli madya di bidang komunikasi untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja tingkat menengah di era pasar bebas dunia masa depan dengan gelar Ahli Madya (Diploma 3).

Sebagai sekolah vokasi, AKINDO memiliki 3 program studi yang mengembangkan kompetensi-kompetensi berbasis kreatifitas untuk menghadapi tantangan dunia kreatif masa depan.Program Studi AKINDO meliputi Public Relations (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting Radio-TV dan Film (Penyiaran)

Sejak tahun 2002 semua prodi telah mendapatkan status AKREDITASI dengan status terakhir Prodi Public Relations (Hubungan Masyarakat) terakreditasi A atau bintang satu, Advertising (Periklanan) terakreditasi B atau bintang dua dan Broadcasting yang terdiri dari Penyiaran Radio dan Televisi serta konsentrasi Film (Penyiaran) terakreditasi A atau bintang satu.

Tahun 2010, industri media dan komunikasi menjadi tren bisnis yang paling prospektif sebagaimana telah dicanangkan pemerintah sejak 2009 bahwa industri kreatif menjadi salah satu prioritas pengembangan. Industri kreatif sebagai basis pengembangan program studi AKINDO diproses melalui penggalian kekayaan intelektual berupa daya kreasi, daya cipta, dan bakat individu menjadi sebuah produk atau jasa yang laku di pasaran dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru.

Empat belas (14) sektor yang masuk dalam industri kreatif : (1) Video, film dan fotografi, (2) Periklanan, (3) Musik, (4) Arsitektur, (5) Desain, (6) Televisi dan radio, (7) Fashion, (8) Pasar seni dan barang antik, (9) Kerajinan, (10) Penerbitan dan percetakan (11) Layanan komputer dan piranti lunak, (12) Permainan interaktif (13) Riset dan pengembangan (14) Seni pertunjukan. Dari 14 sektor tersebut, 10 diantaranya sudah dikembangkan dan masuk dalam kurikulum AKINDO.

Dengan demikian, menjadi insan-insan kreatif merupakan sebuah keharusan bagi generasi muda sekarang untuk bisa berkibar tinggi, hebat dan cemerlang dalam kancah dunia kreatif di masa depan. Industri kreatif memerlukan insan-insan berkualitas super dengan daya kreatif yang lebih dari manusia biasa untuk mampu bersaing dan unggul dalam pertarungan tersebut. Lewat program studi yang ada di AKINDO dengan basis industri kreatif akan membentuk dan menciptakan insan-insan Super Kreatif yang mampu tampil ke depan bahkan terbang tinggi menghadapi tantangan dunia kreatif di masa depan.



VISI dan MISI

Visi

Program studi yang berbasis teknologi komunikasi di bidang komunikasi terapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat informasi dalam menghadapi persaingan global dan perubahan lingkungan strategis dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Misi

Menjadi program studi yang menyiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia professional di bidang komunikasi terapan dan selalu dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja.



TUJUAN PENDIDIKAN

Menyelenggarakan proses belajar mengajar di bidang komunikasi terapan yang bermutu.

Mendidik mahasiswa untuk mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi baik hardwere maupun softwere.

Melakukan penelitian di bidang kounikasi pada umumnya dan komunikasi terapan pada khususnya.

Melakukan pelatihan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Menjadi lembaga pendidikan di bidang komunikasi yang berkualitas dan terkemuka.



--------------


AKINDO memiliki 3 program studi yang mengembangkan kompetensi-kompetensi berbasis kreatifitas untuk menghadapi tantangan dunia kreatif masa depan.Program Studi AKINDO meliputi Public Relations (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting Radio-TV dan Film (Penyiaran
)

.......
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi STIKOM) Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta Nasional bidang komunikasi yang berdiri lebih dari 23 tahun silam (sejak 17 Januari 1995-sekarang) memiliki empat program studi unggulan (Sarjana/S1 Ilmu Komunikasi, D3 Penyiaran/Broadcasting, D3 Periklanan/Advertising, dan D3 Hubungan Masyarakat/Public Relations). Semua program studi Diploma Tiga yang dimiliki STIKOM Yogyakarta telah terakreditasi B (Baik Sekali); bahkan sebelumnya pernah meraih predikat A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Visi STIKOM Yogyakarta yaitu menjadi perguruan tinggi swasta yang profesional, unggul dan terdepan dalam bidang ilmu komunikasi, penyiaran, periklanan, dan hubungan masyarakat dan teknologi yang dilandasi semangat disiplin, kejuangan, dan kreativitas dalam rangka menunjang pembangunan nasional tahun 2028. Misi STIKOM Yogyakarta adalah berkomitmen kuat dalam menghasilkan para Sarjana dan Ahlimadya yang memiliki berbagai kompetensi akademis, praktis, dan spiritualis yang berlandaskan pada nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kreativitas, dan universalitas kemanusian yang tinggi; berkomitmen tinggi dalam mengoptimalisasikan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan selalu menyesuaikan diri segala perubahan zaman, dan perkembangan teknologi telekomunikasi, media, dan penyiaran (Telematika) demi terciptanya peradaban bangsa yang bermartabat dan berkeadilan sosial; b berkomitmen kuat dalam mengembangkan tata kelola perguruan tinggi swasta yang mengedepankan pada nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, profesionalitas demi terwujudnya sekolah tinggi bertaraf Internasional tahun 2028.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor: 109/KPT/I/2018 tentang Izin Perubahan Bentuk AKINDO Yayasan Pendidikan Komunikasi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Komunikasi AKINDO Yogyakarta per 02 Februari 2018, AKINDO YPK resmi naik status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor: 494.a/M/Kp/VII/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015 yang telah ditetapkan di Jakarta pada 14 Agustus 2015; AKINDO YPK (sekarang STIKOM Yogyakarta) ditetapkan sebagai PT Terbaik ke-279 se-Indonesia. Pemeringkatan tersebut berdasarkan pada empat jenis parameter. Yaitu: kualitas sumber daya manusia (SDM), kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan; dan kualitas penelitian; dan publikasi ilmiah. Dengan masuknya Kampus STIKOM Yogyakarta menduduki peringkat ke-279 PTS/N terbaik di Indonesia tahun 2015 dari 3.320 PTN/S di bawah Kemenristekdikti RI; membuktikan bahwa dedikasi seluruh sivitas akademika STIKOM Yogyakarta (dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni) mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban bangsa.

Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per akhir Desember 2015 menjadi tantangan dan peluang bagi seluruh elemen bangsa ini untuk bersaing dan bekerjasama secara kreatif, kompetitif, dan profesional. Langkah ini menjadi bukti pengakuan pemerintah terhadap STIKOM Yogyakarta. Karena kami memiliki keyakinan bahwa tantangan zaman harus dijawab melalui semangat kami untuk menjawab kebutuhan dan tantangan mencetak lulusan yang mampu bersaing di era pasar bebas. Perkembangan teknologi telekomunikasi, media, informatika, grafika, dan transportasi (Telematikagratrans) berdampak besar pada kemajuan peradaban manusia di era konvergensi multimedia massa. Implementasi teknologi digital dan Internet dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi tren dan kebutuhan bagi perilaku manusia ultramodern. Pertumbuhan jumlah media penyiaran (asing, nasional, dan lokal), media cetak, media online, dan media elektronik di Indonesia dalam 16 tahun terakhir menunjukkan lonjakan luar biasa.

Hal ini menjadi kesempatan emas bagi para akademisi, praktisi, dan pengusaha media (komunikasi) untuk melejitkan karir profesional dan potensi akademiknya. Dengan mengusung tagline; Kampus Komunikasi Kreatif; STIKOM Yogyakarta bertekad kuat mendidik seluruh generasi muda (calon pemimpin bangsa) untuk mempelajari dan mengimplementasikan ilmu komunikasi berbasis teknologi informasi dengan pola pikir kreatif sehingga menghasilkan karya-karya komunikatif, informatif, cerdas, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Terbukti selama lebih dari 23 tahun STIKOM Yogyakarta berdiri mengabdikan diri untuk kemajuan di bidang pendidikan tinggi nasional; STIKOM Yogyakarta telah berhasil memiliki lebih dari 2.300 alumni yang kini bekerja di berbagai perusahaan media televisi, radio, dan cetak nasional maupun lokal, birokrasi (pemerintahan), perusahaan swasta, perguruan tinggi, rumah produksi, dan sektor industri kreatif lainnya.

Tahun 2010, industri media dan komunikasi menjadi tren bisnis yang paling prospektif sebagaimana telah dicanangkan pemerintah sejak 2009 bahwa industri   kreatif menjadi salah satu prioritas pengembangan. Industri kreatif sebagai basis pengembangan program studi yang dimiliki oleh STIKOM Yogyakarta diproses melalui  penggalian kekayaan intelektual berupa daya kreasi, daya cipta, dan bakat individu menjadi sebuah produk atau jasa yang laku di pasaran dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru. Ada 14 sektor yang masuk dalam industri kreatif: (1) Video, film dan fotografi, (2) Periklanan, (3) Musik, (4) Arsitektur, (5) Desain, (6) Televisi dan radio, (7) Fashion, (8) Pasar seni dan barang antik, (9) Kerajinan, (10) Penerbitan dan percetakan (11) Layanan komputer dan piranti lunak, (12) Permainan interaktif (13) Riset dan pengembangan (14) Seni pertunjukan. Dari 14 sektor tersebut, 10 diantaranya sudah dikembangkan dan masuk dalam kurikulum STIKOM Yogyakarta.

Dengan demikian, menjadi insan-insan kreatif merupakan sebuah keharusan bagi generasi muda sekarang untuk bisa berkibar tinggi, hebat dan cemerlang dalam kancah dunia kreatif di masa depan. Industri kreatif memerlukan insan-insan berkualitas super dengan daya kreatif yang lebih dari manusia biasa untuk mampu bersaing dan unggul dalam pertarungan tersebut. Lewat program studi yang ada di STIKOM Yogyakarta dengan basis industri kreatif akan membentuk dan menciptakan insan-insan kreatif yang mampu tampil ke depan bahkan terbang tinggi menghadapi tantangan dunia kreatif di masa depan. (ESPEDE)


---------
Jl. Laksda Adisucipto Km. 6,5 No. 279 Yogyakarta Indonesia
Kontak Kami : Phone : 0274-7488787
Fax : 0274-484574
Email : humas@akindo.ac.id


http://www.akindo.ac.id/


STIKES ALMA ATA Yogyakarta



Jalan menuju Masyarakat Sehat dan Kesehatan untuk Semua
Di era globalisasi, tenaga kesehatan dituntut untuk mampu bersaing dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Ilmu pengetahuan dan profesionalisme saja tidak akan dapat membawa kepada tatanan hidup yang harmonis dalam lingkungan masyarakat, tanpa adanya akhlakul karimah yang terbangun dan terinternalisasi sejak proses pembelajaran.
Seperti nilai luhur yang terkandung dalam namanya, Alma Ata hadir (ATA) untuk mencetak sumberdaya manusia yang profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah-kaidah ilmiah sebagai landasan setiap amal perbuatannya (ALIMA), ber-akhlak mulia, dan dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai ajaran Islam mengabdi untuk kepentingan umat.