STIMIK EL RAHMA

Sejarah STMIK El Rahma
STMIK El Rahma berdiri pada tanggal 30 Agustus 2001 dengan SK Mendiknas No. 155/D/O/2001 dibawah naungan Yayasan El Rahma. Pada saat berdirinya, STMIK El Rahma memiliki lima program studi yaitu Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3), Teknik Komputer (D3) dan Komputerisasi Akuntansi (D3).

Pendirian STMIK El Rahma didorong oleh semangat membara dari para pendirinya untukmemberikan kontribusi yang lebih luas kepada pengembangan umat, khususnya umat Islam, sehingga diharapkan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin bisa tertampilkan lewat karya dan prestasi alumni STMIK El Rahma. Hal ini sesuai dengan nama El Rahma itu sendiri yaitu dari kata Ar Rahmah yang berarti  Rahmat dan Kasih Sayang.
Pada saat berdiri, Kampus STMIK El Rahma berada di Jl. Ringroad Utara (Depan POLSEK Depok, Maguwoharjo), Sleman Yogyakarta. Pada awal operasionalnya dipimpin oleh Ibu Dra. Hestinasari Dyah Citaningwang, Bp. Aris Badaruddin Thoha, S.Ag, Bp. Choirul Annam, ST dan Bp. Dedy Ardiansyah, S.Sos.
Beberapa saat kemudian, Kampus STMIK El Rahma menempati gedung baru dan terpusat pengelolaannya di Jl Sisingamangaraja 76 Yogyakarta hingga sekarang. Mahasiswa pertama kali yang terdaftar di STMIK El Rahma adalah :
1.  Prodi Teknik Informatika.
Budi Effendi, dengan NIM : 12020002 berasal dari Kediri
2.  Prodi Sistem Informasi.
Andika Untarja, dengan NIM : 11010001 dari Pangkal Pinang
3. Prodi Manajemen Informatika.
Budi Hermanto, dengan NIM: 23010001 berasal dari Tegal
4. Prodi Teknik Komputer.
Syafrizal, dengan NIM : 24010001 berasal dari Batusangkar
5. Prodi Komputerisasi Akuntansi
Deny Rahmat Subekti, dengan NIM : 25010001 dari Sukabumi

STMIK El Rahma menyelenggarakan wisuda pertama kali pada tanggal 19 September 2005 di UC Center UGM Yogyakarta dengan lulusan pertama kali untuk masing masing program studi sebagai berikut ;
1. Prodi Teknik Informatika
Heru Nursaid, NIM : 12010022. Lulus pada 9-5-2005
2. Prodi Sistem Informasi
Warto, NIM : 11010031, lulus : 30-7-2005
3. Prodi Manajemen Informatika
Sutarto, NIM : 23010023, lulus : 29-12-2004
4. Prodi Teknik Komputer
Masrudin, NIM : 24010013, lulus : 6-9-2004
5. Prodi Komputerisasi Akuntansi
Ibnu Adi Yunata, NIM : 25010011, lulus : 12-3-2005
..
. LAMBANG

Lambang STMIK El Rahma merupakan hasil karya Bp. Choirul Annam, ST yang kemudian disyahkan sebagai lambang resmi Sekolah Tinggi pada tanggal 5 September 2001.
Lambang STMIK El Rahma diciptakan sebagai sebuah citra dan spirit segenap sivitas akademika dalam menghadapi tantangan jaman.
Lambang “El Rahma” berupa sigma berasal dari huruh E dan C singkatan dari El Rahma Computer.  Di desin seperti sigma dan membentuk keseimbangan kiri dan kanan. Keseimbangan yang dimaksud adalah bahwa segenap sivitas akademika El Rahma diharapkan mampu menyeimbangkan potensi fikir dan dzikir.
Bintang Delapan, berasal dari lambang Ka’bah berupa segi empat. Secara estetis digabung 2 segi empat sehingga menunjuk arah seluruh mata angin. Memiliki kandungan makna, bahwa El Rahma mengikatkan diri pada syari’at Islam sebagai visi dan misi perjuangan. El Rahma mencetak sarjana berkualitas yang siap mengabdi pada segala bidang dimana saja mereka dibutuhkan.
Lambang Bulan Sabit Emas, adalah lambang alam. Mengandung makna bahwa El Rahma mencetak para kader intelektual dan profesional yang sekaligus akan menjadi rahmat bagi semesta alam sebagaimana kehadiran Islam itu sendiri. “Wa ma arsalnaaka illa rahmatan lil ‘alamin”.
Lingkaran Putih, melambangkan kesucian, artinya ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dieksplorasi berujung pada pernyataan “Laa Ilaha Illallah”
Lingkaran Biru Muda, melambangkan ketegasan, kewibawaan dan kebijaksanaan
Lima Kelopak Bunga yang melingkar melambangkan STMIK El Rahma berada di wilayah Indonesia yang berfalsafah Pancasila sekaligus melambangkan “dienul Islam” dengan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umatnya
Makna lambang secara keseluruhan :
Pemberdayaan potensi manusia dengan potensi pikir dan dzikir seimbang akan melahirkan insan yang ulil albab, selanjutnya mengarahkan kepada kebesaran Allah SWT dan pernyataan La Ilaha Illallah, dan senantiasa akan muncul insan yang menyebarkan rahmat bagi seluruh alam.
B.  HYMNE DAN MARS EL RAHMA
Syair Hymne dan Mars STMIK El Rahma merupakan karya Aris Badaruddin Thoha yang kemudian disusun lyricnya oleh Hartoyo . Hymne dan Mars menggambarkan tentang dasar perjuangan, cita cita dan pengabdian STMIK El Rahma. Adapun Hymne dan mars STMIK El Rahma sebagai berikut :
C. BENDERA
Bendera  STMIK EL RAHMA mempunyai ciri-ciri berbentuk empat persegi panjang, dengan ukuran lebar 1,20 m dan panjang 1,80 m. Dalam bendera terdapat lambang STMIK El Rahma dengan bertuliskan SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER El Rahma Yogyakarta dengan warna dasar putih.

Contact Info

Alamat : Jl. Sisingamangaraja No. 76 Karangkajen Yogyakarta
Fax : (0274)377982
Phone : (0274)377982
HP : 085643906888
E-mail : info@stmikelrahma.ac.id

Komentar