Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo




Pra Pondok Pesantren
Pada tahun 2006, sepulangnya Drs. KH. Samsudin, Lc. dari menuntut ilmu di ‘Tanah Haram’, beberapa orang dhu’afa’ menitipkan anaknya untuk dididik.

Berawal dari 1 anak, kemudian 5 anak, kemudian 20 anak, dan menjadi 25 anak-anak kurang mampu dan putus sekolah tinggal di rumah Kyai. Mereka tinggal, tidur, makan, mengaji dan belajar beberapa ilmu agama di rumah Kyai tersebut. Sedangkan untuk belajar ilmu umum, mereka disekolahkan di lembaga-lembaga pendidikan di desa sekitar.

Untuk mewadahi kegiatan anak-anak tersebut, maka dibuatlah Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Anak, yang di kemudian hari menjadi cikal-bakal berdirinya Pondok Pesantren Darut Taqwa. (abu zoel)

Sejarah Berdirinya Pondok

Berawal dari seorang Kyai, yang baru pulang dari menuntut ilmu di Makkah al-Mukarramah, kemudian datanglah seseorang yang menitipkan anaknya untuk diajari ilmu agama.

Semakin lama bertambah banyaklah orang-orang yang menitipkan anaknya kepada Kyai tersebut, sampai rumahnya tidak mampu menampung jumlah anak-anak yang ingin belajar.

Maka dibuatlah gubuk-gubuk kecil di sekitar rumah kyai tersebut, dengan bantuan masyarakat sekitar dan anak-anak yang tinggal di rumah Kyai.

Lambat-laun semakin banyak santri yang datang, maka pada tahun 2010 Pondok Pesantren Darut Taqwa resmi didirikan. (abu zoel)


Ekstrakurikuler
Kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk menggali seluruh potensi santri dalam berbagai bidang. Santri diberi pilihan yang banyak sesuai minat dan bakatnya. Diantaranya:

Perkemahan, Hiking, Volleyball, Karate, Jujitsu, Taekwondo, Pencak Silat, Panahan, Futsal, Sepak bola, Nasyid, Hadrah, Tata boga, Kaligrafi, Robotik, Komputer, Membatik dan Seni baca Al-Qur’an. (zoel)

Ekstrakulikuler
Tekwondo
Pencak Silat
Pramuka
Futsal
Tahfidz Al Qur'an






Kampus Putra :
Dusun Desan, Desa Pintu, Kec. Jenangan Kab. Ponorogo Kode Pos 63492
Kampus Putri :
Dusun Munung Ds. Bekare Kec. Bungkal Ponorogo Kode Pos 6346

Kontak
0352 531 745
0877 5877 1598
darut_taqwapo@yahoo.co.id
Ponorogo - Indonesia

Komentar