SMP Al Hikmah Karangmojo Gunung Kidul

 SMP Al Hikmah Karangmojo merupakan SMP Swasta di bawah naungan Yayasan Al Hikmah Karangmojo yang berlokasi di Dusun Sumberjo, Desa karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. SMP Al Hikmah Karangmojo berdiri pada tahun 2005. Perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun sampai saat ini jumlah siswa mencapai ratusan siswa untuk 3 kelas dalam 9 rombel. Mengusung Visi “RELIGIUS dan BERPRESTASI”, SMP Al Hikmah Karangmojo sebagai Sekolah Berbasis Pesantren bertekad memberikan layanan pendidikan  yang prima sehingga siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan bidang umum sekaligus bidang keagamaan. Layanan pendidikan SMP Al Hikmah Karangmojo  mengintegrasikan kurikulum nasional dan kurikulum kepesantrenan.

Pendirian SMP Al Hikmah Karangmojo ini merupakan salah satu wujud kepedulian Yayasan Al Hikmah Karangmojo terhadap peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, serta memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada anak-anak usia sekolah di seluruh Indonesia sehingga dapat meneruskan pendidkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Siswa SMP Al Hikmah Karangmojo ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia  seperti: DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI, Aceh, NTT, Kalimantan, Papua, dan wilayah lainnya. Pada tahun 2017 SMP Al Hikmah Karangmojo menerima beberapa siswa dari Malaysia.


VISI DAN MISI

Visi SMP Al Hikmah Karangmojo

SMP Al Hikmah Karangmojo memiliki visi RELIGIUS DAN BERPRESTASI. Dengan indikator sebagai berikut:


Terwujudnya sikap spiritual yang unggul

Terwujudnya sikap sosial yang unggul.

Tercapainya prestasi akademik dan non akademik sesuai target.

Terwujudnya ligkungan kerjad dan belajar yang kondusif

Terwujudnya profesionalisme layanan sekolah

Misi SMP Al Hikmah Karangmojo

Untuk mewujudkan visi sekolah, maka SMP Al Hikmah Karangmojo memiliki misi sebagai berikut:


Mengembangkan dan membiasakan sikap spiritual

Mengembangkan dan membiasakan sikap sosial dalam semua bidang bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan pelatihan secara efisien dan intensif dalam semangat kompetisi sehingga potensi akademik dan non akademik yang dimilki siswa berkembang secara optimal.

Menciptakan suasana kerja, belajar, berlatih dan bermain yang kondusif; aman, ramah, asri, nyaman, gairah, indah, jujur dan obyektif. dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

Mengembangkan profesionalisme layanan kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat.

 


Ekstrakulikuler wajib

Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua peserta didik SMP Al Hikmah Karangmojo. Adapun ekstrakurikuler wajib diantaranya adalah


Tahsin Dan Tahfiz dilaksanakan setiap hari senin,

Bela Diri yang dijadwalkan pada hari Rabu

Pramuka setiap hari Jum’at.

 


Ekstrakulikuler pilihan

Ekstrakulikuler pilihan adalah kegiatan pengembangan bakat dan minat bagi peserta didik yang disediakan oleh SMP Al Hikmah Karangmojo yang bersifat pilihan. Artinya, peserta didik dapat memilih sedikitnya 1 ekstrakulikuler pilihan yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Adapun yang termasuk dalam ekstrakulikuler pilihan adalah


Kaligrafi

KIR (Karya Ilmiah Remaja) dan

Musik Islami





SMP Al Hikmah Karangmojo berdiri di Komplek Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo, berada di Dusun Sumberjo RT. 001 RW. 009, Kelurahan Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kontak Hotline:
Telphone / SMS : +6285-640-424-938
Whatsapp : 087738339671
Email: humas.smpalhikmah.karangmojo@gmail.com
Facebook : SMP Al Hikmah Karangmojo
web : http://smpalhikmahkarangmojo.sch.id

Komentar